Fakultas Sosial dan Humaniora

[bse class=”30″ effect=”fadeInLeft”]

Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi (S.I.Kom)

Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi Universitas Buddhi Dharma memiliki fokus pada Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication) dan Komunikasi Perusahaan (Corporate Marketing). Pada kompetensi Komunikasi Pemasaran, lulusan UBD mampu menguasai keilmuan dan keahlian dalam mengelola komunikasi pemasaran produk, layanan, perusahan, dan personal secara terpadu dengan memanfaatkan berbagai line media dan saluran (online dan offline).

Lulusan Prodi S-1 Ilmu Komunikasi UBD juga dibekali kemampuan mengembangkan merek (branding) melalui strategi komunikasi yang kreatif, penggalian consumer insights, pembuatan iklan cetak, online dan elektronik, serta penguasaan metode riset-ridet komunikasi pemasaran terkini.

Untuk Komunikasi Perusahaan, lulusan UBD dibekali kemampuan mengelola komunikasi korporat atau perusahaan secara terpadu mulai dari pengelolaan hubungan masyarakat yang strategis dengan memanfaatkan berbagai kanal media (online dan offline), relasi investor media, komunitas, stakeholders dan shareholders, tata kelola perusahaan yang baik; komunikasi merek perusahaan dan kampanye korporat/perusahaan, pengelolaan media internal dan corporate event, pengelolaan CSR, serta penguasaan metodologi penelitian untuk pengukuran dan evaluasi citra perusahaan.

Prospek Karir

Prospek lulusan sarjana ilmu komunikasi sangat terbuka karena bisa melamar kerja hampir di semua lapangan pekerjaan dan masuk justifydari di semua lowongan pekerjaan, mulai dari BUMN, BUMS, ataupun industri media massa baik sebagai Humas, Public Relation Officer, Script writer, event organizer, produser dan sutradara.

Job Title

Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication)

Creative Director, Copywriter, Art Director, Digital Designer, Web Content Writer, Producer, Traffic Manager, Talent Manager (BIDANG KREATIF); Strategic (Brand) Planner, Channel Planer, Online Strategist, Researcher, Marketing Intelligence, Marketing PR Officer/Manager (BIDANG STRATEGI); Media Maganer/Director, Media Planner & Buyer, Researcher, Social Media Planner, Digital Planner (BIDANG MEDIA); Client Handling, Account Executive / Manager / Director (BIDANG PROJECT); Event Organizer, Brand Activation Manager, Trade Marketing, Communication Manager (BIDANG BELOW THE-LINE); Brand Executive / Manager, Advertising & Promotion Executive / Manager, In-House Event Orginizer, Marketing PR Officer / Manager, Media Planner / Manager, Social Media Manager, In-House Agency (PERUSAHAAN); Ad Agency, Creative Boutique, Event Organizer, Freelance Copywriter, Production House, Talent Agency, Photography House, Freelance Creative Consultant (KEWIRAUSAHAAN KREATIF); Brand Consultant Agency, Media House / Agency, Research Agency, Social Media Agency, Buzz Agency, Freelance Plan (KEWIRAUSHAAN STRATEGIK)

Komunikasi Perusahaan (Corporate Communication)

Corporate Communication Manager, Public Relation Manaer (Swasta / Pemerintah), CSR Manager, Customer Service / CRM Manager, EO Manager, Corporate Secretary, Reseacher; PR Agency / Consultant, Cyber PR Consultant Agency, CSR Consultant, In-House Media Agency, Event Organizer, Research Agency, Trainer (KEWIRAUSAHAAN)


Program Studi S-1 Sastra Inggris (S.S)

Umumnya orang beranggapan bahwa belajar sastra inggris itu sama dengan belajar bahasa inggris. Hal itu adalah pemahaman yang keliru. Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris dewasa ini menjadi sutau keharusan agar kita dapat bersaing di era global. Tidak hanya kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan saja, namun kita juga harus memiliki kepekaan berbahasa.

Lulusan Prodi S-1 Sastra Inggris Fakultas Sosial dan Humaniora UBD juga memiliki pengetahuan dalam bidang sastra, linguistik, Sosio-humaniora dan budaya, sehingga dapat menggunakan bahasa inggris secara lebih akurat, efektif, ekspresif, mengingat bahasa merupakan salah satu produk budaya. Oleh sebab itu, penggunaan bahasa di mana bahasa tersebut menjadi bahasa ibu. Pengetahuan akan hal ini tentu saja sangat penting, baik dalam berinteraksi dengan orang asing yang memiliki latar belakang budaya berbeda, maupun untuk diajarkan kepada pembelajar bahasa inggris. Belajar di Sastra Inggris di Fakultas Sosial dan Humaniora UBD tidak hanya belajar grammar, tetapi juga pengucapan (pronounciation) serta kemampuan-kemampuan dasar berbahasa yang lainnya. Tidak hanya itu, dengan belajar ilmu bahasa (linguistik), mahasiswa serta mencermati penggunaan bahasa, bahkan termasuk bahasa indonesia.

Bagi mahasiswa yang berminat pada eksplorasi karya-karya sastara dapat meilih karya peminatan sastra (S-1). Mereka yang tertarik meneliti gejala-gejala bahasa, pemakaian bahasa serta ilmu bahasa dapat memilih pemeniatan linguistik (S-1). Sedangkan peminatan linguistik terapan lebih dikhususkan bagi mereka yang tertarik pada dunia pengajaran (D-3).

Mahasiswa Prodi S-1 Sastra Inggris Fakultas Sosial dan Humaniora UBD juga dibekali dengan keterampilan soft skills dan pengetahuan yang secara tidak langsung berkaitan dengan sastra, linguistik maupun linguistik terapan dalam bidang kewirausahaan, pariwisata, bisnis, media, digital media communication, Marketing, Advertising dan lain-lain yang dapat menunjang karirnya.

Lulusan Prodi S-1 Sastra Inggris Fakultas Sosial-Humaniora UBD memliki kemampuan terutama dalam tata bahasa, pengucapan dan percakapan ditambah dengan kompetensi sosial-humaniora dan budaya. Hal ini membuat para lulusannya diminati dan dapat bekerja di berbagai bidang yang membutuhkan kompetensi ini.

Prospek Karir

Lulusan Prodi Sastra Inggris Fakultas Sosial Humaniora UBD dapat bekerja di perusahaan-perusahaan yang menggunakan bahasa inggris: International Trading / Banking, Advertising Industry, Hospitaly Industry, Intrepreting / Translating, Mass Media and Culture, Publishing Industry, Education / English Language Teaching, Laguage Consultant, United Nations Agencies, National, Regional and International Non-Govermental Organization (NGOs), Creative Industry, Business Entertaiment: Tourism Agencies.

Job Title

Corporate Secretary, Editor (Newspaper, Advertising, Magazine), Writer (Novelist, Script, Literary Critics, copywriter), Director (Theare, Drama), Translator / Intrepreter, Liasions Office, Reporter Relations, Language Teaching Entrepreneur, Teacher / Lecturer.


Program Studi D-3 Bahasa Inggris (A.Md)

Era globalisasi ditandai dengan semakin terbukanya hubungan dengan dunia global. Dalam dunia kerja, semakin banyak perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan yang bekerja sama dengan perusahan lain atau membuka perwakilannya di berbagai negara. Untuk menjembatani kebutuhan dunia global, komunikasi memegang peran sangat penting, dan bahasa inggris adalah bahasa yang digunakan dalam komunikasi tersebut. Maka, kemampuan bahasa inggris menjadi mutlak diperlukan untuk dapat bersaing secara global.

TOEIC (Test of English for International Communication) adalah standar kualifikasi kemampuan berbahasa inggris untuk dunia kerja yang berlaku secara internasional. TOEIC yang diciptakan oleh ETS, yang juga pencipta TOEFL, merupakan tes berstandar internasional untuk meguji kemampuan bahasa inggris dalam berkomunikasi sehari-hari. TOEIC telah teruji lebih dari 30 tahun dan telah digunakan di seluruh dunia, termasuk di antaranya LG dan Panasonic, serta Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Indonesia. Program Studi D-3 Bahasa Inggris Fakultas Sosial dan Humaniora UBD adalah program vokasi yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja berbekal kemampuan berbahasa inggris praktis, dan aplikatif serta menjawab kebutuhan kerja (mencakup ketrampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa inggris dengan standar TOEIC) agar mampu bersaing dalam era globalisasi.

Prospek Karir

Lulusan Prodi D-3 Bahasa Inggris UBD memiliki ketrampilan berbahasa inggris praktis dengan standar TOEIC sehingga dapat bekerja di bidang apa pun yang membutuhkan kompetensi ini, khususnya bidang bisnis dan pengajaran bahasa inggris.

Job Title

Pengajar Bahasa Inggris, Penerjemah, Entertainer, Staf Marketing, Sekretaris, Staf Public Relations, Staf Tour and Travel, Front Officer, Pramugari, Staf Perbankan, Staf Asuransi, Entrepreneur.

[/bse]